PenaRagam
Trending

BAKOMUBIN Jabar Gelar Pelantikan dan Seminar

PenaKu.IDBAKOMUBIN Jabar atau Badan Koordinasi Mubaligh se-Indonesia Provinsi Jawa Barat menggelar acara pelantikan para pengurus BAKOMUBIN Jabar dan rangkaian seminar yang dijadwalkan pada tanggal 06-07 November 2021 di Hotel Horison Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung.

Dari keterangan resmi yang diterima PenaKu.ID pada Sabtu (06/11/21), BAKOMUBIN memandang Indonesia merupakan negara majemuk yang memiliki beragam suku, agama, ras, dan budaya.

Keberagaman tersebut merupakan kekuatan yang dimiliki Indonesia, namun dalam implementasinya, dinamika ekspresi keberagamaan di era demokrasi terkadang berpotensi memunculkan ketegangan dan konflik antarmasyarakat, antarumat beragama atau bahkan internal umat beragama. Oleh karena itu, diperlukan moderasi, salah satunya moderasi beragama untuk menjaga keharmonisan bangsa.

BAKOMUBIN juga menilai moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Moderasi merupakan kebajikan yang mendorong terciptanya harmoni sosial dan keseimbangan dalam kehidupan secara personal, keluarga dan masyarakat.

BAKOMUBIN memahami betul kondisi tersebut, bahwa moderasi dapat diukur dalam empat indikator di antaranya toleransi, anti-kekerasan, komitmen kebangsaan, serta pemahaman dan perilaku beragama yang akomodatif terhadap budaya lokal atau konteks Indonesia yang multi-kultural dan multi-agama. Untuk itu, keempat indikator tersebut harus selalu dijaga dan dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat sebagai upaya menciptakan kerukunan berbangsa dan bernegara yang berkelanjutan.

Tugas penguatan kerukunan umat beragama di samping dilakukan oleh pemerintah, juga dilakukan oleh para tokoh agama yang merupakan modal berharga bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan kerukunan umat beragama.

Atas dasar tersebut, pengurus wilayah BAKOMUBIN Jabar melalui momentum pelantikan Pengurus BAKOMUBIN Jabar melaksanakan seminar nasional dan musyawarah kerja Bakomubin Jabar dengan tajuk “Keseimbangan Gerakan Da’wah Muballigh, Aktualisasi Moderasi Beragama Menuju Indonesia Kuat dan Bermartabat”.

BAKOMUBIN Jabar Hadir untuk Indonesia

BAKOMUBIN memiliki peran strategis untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. BAKOMUBIN menjadi sebuah wadah resolusi konflik yang efektif, yang harus dipercaya oleh masyarakat sehingga dapat menjaga terciptanya kerukunan beragama di Indonesia.

“Keragaman perlu disyukuri. Keragaman tidak diminta, melainkan pemberian Tuhan, bukan untuk ditawar tapi untuk diterima. Di tengah keberagaman, alhamdulillah, Indonesia masih berdiri kokoh, bersatu terus bergerak maju, mengejar negara-negara maju lainnya di dunia. Dengan moderasi beragama, umat rukun, Indonesia maju,” tulisnya dalam keterangan.

Kehadiran BAKOMUBIN Jabar, umumnya di republik ini semakin terlihat urgensinya, kehadirannya harus bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia di tengah kemajemukannya, terlebih saat ini masyarakat Indonesia tengah bangkit kembali di era new normal sejak munculnya pandemi COVID-19.

“BAKOMUBIN Propinsi Jawa Barat hadir, turut berinvestasi sosial, menjaga harmoni bangsa, berdamai dengan pandemi, demi terwujudnya Indonesia kuat dan Bermartabat,” tutupnya.

Seperti diketahui, saat ini Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat (DPP) BAKOMUBIN diemban oleh DR. Mochtar Ngabalin, M.Si., sementara untuk Ketua BAKOMUBIN Jabar diemban oleh Drs. U. Aziz Muslim dengan Sekretaris Diki Hilmi.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button