960 Makam Dipindahkan karena Proyek Tol Bocimi

Lokasi pemindahan tpu di desa ciambar kabupaten sukabumi

PenaKu.ID – Hari ke 10 (sepuluh) pemindahan makam yang berlokasi di Kp Ciambar Kolot, Desa Ciambar, Kecamatan Cimbar, Kabupaten Sukabumi, Jawabarat, kamis (11/6/2020).

Menurut Camat Ciambar, H. Pendi Efendi, S.I.P., maksud pemindahan TPU tersebut dikarenakan TPU yang lama tergerus Proyek Jalan Tol, namun kemudian PT. Waskita dan PUPR mengganti lahan tersebut yang jaraknya kurang lebih 100 meter dari pemakaman yang lama.

“Sebagai penggantinya tanah yang dijadikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) ditambah luasnya oleh PT Waskita, luas TPU yang lama kurang lebih 7.000 meter. Sekarang luasnya menjadi 10.000 meter,” ungkap camat.

Ditambahkannya bahwa pemindahan TPU tersebut kini hampir rampung yang telah digarap kurang lebih dalam waktu 10 (sepuluh) hari.

“Sudah mencapai hampir 95% tinggal 5% lagi yang belum dipindahkan dari total hampir 960 makam yang harus dipindahkan,” ujarnya.

Lanjutnya makam-makam tersebut rencananya bakal dipindahkan ke tempat yang baru, bahkan hari ini menurutnya ada salah satu makan keramat yang biasa dijadikan warga sebagai tempat ziarah.

“Salah satu makam yang dianggap keramat dan biasa dijadikan tempat Ziarah oleh warga masyarakat, kami telah pindahkan dan Alhamdulillah pemindahan berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Ia berujar pemindahan makam-makan tersebut telah menempuh musyawarah dengan para ahli waris dan keluarga.

“Sudah musyawarah sehingga semua sepakat dan menerima makam keluarganya untuk dipindahkan,” jelas Pendi.

Ia juga menegaskan bahwa pemindahahan tersebut bakal tetap berjalan sesuai instruksi dari pusat.

“Bagaimana pun proyek pemerintah harus berjalan,” katanya.

“Jadi dari luas kurang lebih 7000 meter sekitar 3500 meter untuk jalan dan 3500 meter untuk bahu jalan dan taman pinggir jalan tol yang kami saksikan,” kata Pendi.

Ia juga mengapresiasi kepada jajaran Panitia pemindahan TPU yang dibentuk dari kelompok masyarakat, dan segala sesuatunya dilaksanakan oleh masyarakat.

“Kami selaku Camat tentunya melakukan pengawasan dan memberikan arahan kepada jajaran Panitia dan untuk biaya pemindahan TPU sepenuhnya dibiayai oleh PT. Waskita melalui Dinas PUPR,” cetusnya.

Pihaknya disamping itu juga melakukan monitoring melalui penugasan Satpol PP, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Untuk selalu berada dan mengawasi jalannya pemindahan TPU,” jelasnya.


Ia berharap pemindahan TPU tersebut bisa berjalan dengan lancar.

“Aman dan kondusif tidak ada permaslahan,” harapnya.



Reporter: aom
Penulis: aom

Editor: Js

5 thoughts on “960 Makam Dipindahkan karena Proyek Tol Bocimi

Leave a Reply

Your email address will not be published.